ASAL USUL HANTU POCONG

Sejarah Asal Usul Hantu Pocong dari berbagai versi

http://i3.ytimg.com/vi/bF9c3xJP1gA/hqdefault.jpg

Asal Usul Hantu Pocong – Sejarah Hantu Pocong. Sering kali kita mendengar Asal Usul Sejarah Hantu Pocong, namun dari cerita satu dan cerita lainnya tentang Hantu Pocong tentu berbeda-beda.

Ada yang bercerita, hantu pocong berasal dari orang yang meninggal dunia, dimana saat di kubur, kain kafan mayat tersebut tidak di buka sehingga arwahnya penasaran dan bergentayangan menjadi pocong. Bahkan ada yang bilang, hantu pocong selalu minta tolong untuk di bukakan tali-nya, agar supaya arwahnya tidak gentayangan lagi.

Dalam versi lain sejarah asal usul pocong berasal dari jin. Dan versi lainnya juga menceritakan sejarah awal mula hantu pocong berawal dari seorang dukun santet. Lantas, versi manakah yang benar…???? Untuk lebih jelasnya, berikut gallerydunia.com share Sejarah Asal Usul Hantu Pocong dari berbagai versi, seperti dikutip dari laman semextracool.

Asal Usul Sejarah Pocong #1

Pocong yang lupa dibukakan tali pocongnya
Pada saat dikebumikan si mayit lupa dibukakan tali pocongnya sehingga dia menjelma menjadi sosok yang mengerikan seperti waktu dia mati. Tapi dia tidak gentayangan menakuti orang-orang di sekelilingnya! Kalaupun dia gentayangan dan coba menakut-nakuti orang di sekitarnya maka berarti dia masih memiliki tanggungan selama hidupnya.

Penampakannya muncul pada saat adzan magrib atau setelah kita selesai shalat maghrib. Dia muncul tepat di tengah-tengah pusar kuburannya dengan wujud seperti asap. Kemudian menjadi mahkluk kecil yang lompat dari tengah kuburannya ke arah kakinya, kemudian dia melompat lagi ke arah kepalanya, kali ini menjadi makhluk yang sedang seperti bayi besarnya. Kemudian dia melompat lagi ke arah sisi di sebelah baratnya dan sempurnalah sosok hantu pocong ini.

http://axellramadhan.files.wordpress.com/2013/05/c0cd3-tali_pocong_pak_haji_dicuri__warga_desa_geger_big__20110324183552_file_vino_cms.jpg?w=604

Setelah itu dia berjalan mengelilingi kuburannya satu kali, meski terlihat bahwa kakinya terikat tapi dia masih bisa berjalan dengan kaki terikat. Tidak seperti di televisi yang melompat-lompat, yah maklumlah kan pemerannya manusia jadi tidak bisa berjalan saat kakinya terikat. Aku sendiri jadi tertawa melihat film hantu pocong di televisi. Ok kita lanjut lagi ke penampakannya. Setelah sosoknya sempurna, maka hantu pocong ini terbang melayang-layang ke udara. Saat dia terbang melayang, tubuhnya memanjang seperti selendang putih.

Ciri2 hantu pocong yang satu ini yaitu wajahnya yang cenderung terlihat seperti tengkorak. Boal matanya terlihat seperti mau keluar, tidak ada alis ataupun daging kulitnya. Terkadang di antara kedua matanya terlihat seperti ada belatung yang keluar masuk. Kalau anda bertemu dengan hantu seperti ini di lingkungan anda sendiri maka sebutkan siapa yang menurut anda teman anda atau kerabat anda yang meninggal pada saat itu. Lalu katakanlah “aku sudah memaafkan mu, kembalilah dengan tenang ke alam mu” setelah itu bacalah Basmallah dan surat Al Fatihah sebanyak tiga kali. Maka dengan sendirinya dia akan menghilang dari hadapan anda. Jangan takut atau pun kabur lari terbirit-birit, Karena menurut saya hal itu percuma!! Si pocong itu akan terus mengejar anda sampai dia mendapatkan pertolongan atau maaf dari anda. Jika anda takut cukup pejamkan saja mata anda, dan awalilah dengan bacaan sholawat dan istighfar kemudian basmallah dan Al Fatihah.

Namun, bila anda bertemu hantu pocong dengan sosok seperti ini di tempat lain atau tempat yang tidak anda kenal. Yang anda lakukan adalah tarik nafas yang dari dalam hidung kemudian bacalah Basmallah disertai surat al fatihah dan Ayat Kursi sebagai penutup. Jangan sekali-kali bersikap jagoan atau pahlawan, seperti keesokan harinya anda ingin mengorek darimana penampakan pocong tersebut pada orang di sekitarnya terus anda ingin membuka tali pocongnya.

Malah nanti anda sendiri yang akan menimpa sial, anda akan diikutinya setiap malam atau bahkan keluarga anda yang kena juga. Karena pada dasarnya kita tidak tahu apakah tali pocong itu sengaja tidak dibuka atau tidak disengaja dibuka ketika si mayat itu dikebumikan.

Bagi warga pedesaan yang masih memiliki pandangan besar terhadap mistis, bila sanak keluarganya dibunuh dengan cara tidak wajar, seperti diperkosa lalu dibunuh, atau dibunuh dengan cara yang tidak wajar, dll. Akan tetapi polisi masih belum menemukan siapa yang melakukan, maka cara inilah yang umumnya mereka ambil untuk menakut-nakuti si pelaku agar dia mau mengakui kesalahannya. Dan jika anda ingin jadi pahlawan, itu tidak masalah asalkan anda memiliki ilmu kebatinan yang luar biasa tetapi bila anda orang awam dan masih belum mengerti syareat maka jangan coba-coba atau anda sendiri yang kena batunya.

Sejarah Asal Usul Pocong #2

Jin yang menyerupai sosok pocong
Jin dibedakan menjadi beberapa golongan, dan yang terparah adalah jin kafir. Jin seperti ini bisa menyerupai apa saja yang dia inginkan bahkan dia bisa berwujud seperti layaknya pocong. Di jawa mereka disebut Gondoruwo umumnya. Mereka sangat senang tinggal di daerah barongan (bambu-bambu yang lebat), pohon yang besar, atau di rumah yang sudah lama tak berpenghuni. Sama seperti manusia, mereka juga memiliki keturunan.

Biasanya jin yang menyerupai sosok pocong ini, cara dia muncul juga berbeda. Bisa di atas pohon, di balik dinding atau pohon dengan separuh badannya. Cirri-cirinya juga berbeda. Matanya cenderung menyala bewarna merah atau biru. Jika anda bertemu dengan sosok seperti ini maka cepatlah anda bersetubuh dengan bumi atau baringkan badan anda di atas tanah dengan posisi telungkup. Kemudian bacalah “AsyhaduAllah Illahaillahu wa AsyaduAllah muhammadarusullah”( aku bersaksi tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu utusan Allah) selanjutnya bacalah ayat qursi. Jangan berdiri ataupun lari, karena jin ini bisa merasuki raga kita atau bisa kita sebut dengan istilah kesurupan.
Asal Usul Hantu Pocong #3

Mayat yang dimanfaatkan oleh dukun atau ahli santet

Bagi sebagian besar dukun sering kali menggunakan media mayat untuk menakut-nakuti orang atau bahkan bisa saja membunhnya sesuai permintaan yang diajukan.

Cirri-cirinya biasanya sosok pocong yang ia gunakan masih terlihat utuh atau di wajahnya masih terdapat kapas, di matanya, hidungnya, terkecuali mulutnya. Jika anda sering kali bertemu dengan sosok seperti ini di rumah anda itu tandanya ada orang yang syirik kepada anda.

Yang perlu anda lakukan adalah taburkan garam di sekitar rumah anda, kemudian selalu bacalah surat Yassin setiap habis shalat maghrib, shalat isya, dan tengah malam. Kalau bisa bacalah surat Yassin secara berjamaah atau orang banyak. Lakukanlah secara berturut-turut selama 7 hari lamanya. Sosok pocong yang seperti inilah yang patut anda waspadai, karena dia bisa meludahi anda dan yang terjadi setelah tubuh anda diludahi maka tubuh anda bisa melepuh atau hangus.

Pada dasarnya yang patut kita mintai pertolongan hanyalah Allah SWT. Mintalah pertolongan kepada-Nya dan niscaya hal buruk tidak akan menimpa anda. Karena sebelum Dia menciptakan manusia, Dia telah menciptakan jin dan saython yang ditugaskan untuk menguji iman di dalam diri kita.

Penampakan hantu pocong itu dibedakan menjadi tiga.

Pertama: Mungkin benar karena si mayit lupa dibukakan tali pocongnya atau si arwah tersebut masih banyak tanggungan selama hidupnya di dunia sehingga mencoba meminta maaf dengan wujudnya seperti pocong.

Kedua: penampakan sosok hantu pocong bisa juga berasal dari jin yang menyerupai sosok pocong.

Ketiga, penampakan hantu pocong juga bisa muncul karena guna-guna atau dimanfaatkan tubuhnya untuk menakut-nakuti oleh seorang dukun atau ahli santet dengan meminta tumbal untuk memperkuat ilmunya. Bagaimana membedakannya? Bagi semua orang awam hal ini sangatlah sulit untuk dibedakan.

Dan dengan mengetahui Sejarah Asal Usul Hantu Pocong dari versi-versi tersebut diatas, maka kita dapat membedakannya serta dapat mengantisipasi hantu pocong.

Jika Anda mempunyai cerita sejarah asal usul hantu pocong versi lainnya, silakan di share disini ya? Terima kasih.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s